[AU] Charm

Charm adalah sebuah mata pelajaran dimana membahas tentang mantra yang sering digunakan para penyihir. Dikelas ini, kalian diajarkan cara melafalkan, mempraktekkan, bahkan mengenal mantra secara detail.


Beginner Grade

.

 Introduce To Charm & Box Blasting Charm 

Image

APA ITU CHARM?

Charm = Mantra

Mantra ≠ Charm

JENIS – JENIS MANTRA

  • Transfigurasi
  • Charm
  • Jinx
  • Hex
  • Curse
  • Counter Spell
  • Healing Spell

Charm adalah mantra. Benar. Namun, perlu kalian ketahui bahwa belum tentu semua mantra adalah Charm. Charm merupakan salah satu jenis mantra. Efek yang diciptakan dari mantra jenis Charm ini adalah menambah, mengurangi, atau mengubah sifat dari suatu objek/target.

Sifat dari suatu objek. Sebagai dasar, kalian juga perlu memahami lebih dulu bahwa ‘sifat’ adalah hal-hal yang melekat pada objek dan menjelaskan objek tersebut. Misalnya: usia, ukuran, warna, fungsi, kualitas, bentuk. Sehingga, apa yang ditambah, dikurangi, atau diubah oleh mantra Charm adalah hal-hal yang melekat pada objek tersebut. Contoh paling sederhana; ada Colour Change Charm, yaitu mantra yang memiliki efek mengubah warna target.

Bentuk termasuk salah satu penjelas sifat, jadi Transfigurasi harusnya termasuk dalam Charm? Transfigurasi merupakan jenis mantra sendiri, karena Transfigurasi melibatkan perubahan objek secara keseluruhan sampai ke struktur dan molekulnya. Sedangkan Charm hanya mengubah bentuk yang menjadi sifat dari suatu objek. Contoh lagi: ada Softening Charm atau Spongify, fungsinya adalah mengubah benda yang bentuknya padat/keras menjadi lembek.

Contoh pena berubah bentuk dari kokoh jadi loyo, tapi apakah pena ini berubah bentuk jadi benda lain? Tidak, ‘kan? Bentuknya tetap pena.

Image

Box Blasting Charm (Cistem Aperio)

Box Blasting Charm atau Cistem Aperio adalah sebuah mantra yang digunakan untuk membuka bagasi, peti, kotak, atau wadah lainnya dengan efek dramatis yaitu meledak.

  • Inkantasi: SEES-tem a-PAIR-ee-oh
  • Warna Cahaya: Putih
  • Efek: Membuka peti dengan meledakkannya
  • Pergerakan Tangan: img_4143.webp

4 Komponen Penting dalam Merapalkan Mantra

  1. Concentration (Konsentrasi). Bekerja dengan memusatkan pikiran pelafalan pada kekuatan sihirnya dan memfokuskan pikiran untuk mencapai target dari efek mantra yang ingin dicapai.
  2. Incantation (Pelafalan). Ketepatan dalam mengucapkan mantra juga salah satu Faktor penting untuk mencapai keberhasilan. Tolak ukurnya disini adalah seberapa Fasih kalian dapat melafalkan suatu mantra.
  3. Wand Movement (Gerakan Tongkat). Sampai seseorang mencapai keahlian dalam melakukan wandless magic, ketepatan gerakan dari tongkat kalian sangat penting untuk menunjang keberhasilan.
  4. Willpower (Tekad). Disini kita akan berbicara mengenai keinginan atau kemauan untuk merealisasikan mantratersebut. Semakin sering berlatih maka akan semakin mudah pula dalam melakukannya.

Empat komponen tadi saling berhubungan, jika satu tidak tercapai maka tiga lainnya akan sia-sia dan mantra kalian gagal. Jadi, berusahalah selalu untuk bisa menyeimbangkan keempatnya. Penting untuk selalu menjaga kesehatan karena kondisi fisik dan mental yang stabil akan sangat mempengaruhi keempat komponen tadi.

Seperti namanya, Box Blasting Charm adalah sebuah mantra untuk membuka sebuah kotak, peti, atau wadah lain sejenis itu dengan cara meledakkannya. Mantranya adalah Cistem Aperio, SEES-tem a-PAIR-ee-oh, dengan penekanan pada suku kata SEES dan PAIR.

.

Materi Tambahan

Dasar Mantra

Charm adalah mantra. Benar. Namun, perlu diketahui bahwa belum tentu seluruh mantra adalah Charm. Charm itu sendiri merupakan salah satu jenis mantra yang memiliki fungsi untuk menambahkan, mengurangi, atau mengubah sifat (atau fungsi) dari suatu objek/target sihirnya.

Garis bawahi: SIFAT dari suatu objek/target. Sebagai dasar, kalian juga perlu memahami lebih dulu bahwa ‘sifat’ adalah hal-hal yang melekat pada objek dan menjelaskan objek tersebut. Misalnya: usia, ukuran, warna, fungsi, kualitas, bentuk. Sehingga, apa yang ditambah, dikurangi, atau diubah oleh mantra Charm adalah hal-hal yang melekat pada objek tersebut. Contoh paling sederhana; ada Colour Change Charm, yaitu mantra yang memiliki efek mengubah warna target.

Sederhananya, Charm hanya akan memberikan efek pada sisi luar suatu objek/target saja. Berbeda lagi dengan Transfigurasi yang lebih kompleks karena melibatkan perubahan bentuk objek sampai ke struktur dan molekulnya.

Dalam mempelajari Charm, kita mengenal istilah Components of Spellcasting, atau yang lebih akrab disebut sebagai komponen penting untuk melakukan sihir yang baik dan benar.

Keempat komponen itu antara lain:

  • Concentration (Konsentrasi). Bekerja dengan memusatkan pikiran pelafalan pada kekuatan sihirnya dan memfokuskan pikiran untuk mencapai target dari efek mantra yang ingin dicapai.
  • Incantation (Pelafalan). Ketepatan dalam mengucapkan mantra juga salah satu faktor penting untuk mencapai keberhasilan. Tolak ukurnya disini adalah seberapa fasih kalian dapat melafalkan suatu mantra.
  • Wand Movement (Gerakan Tongkat). Sampai seseorang mencapai keahlian dalam melakukan wandless magic, ketepatan gerakan dari tongkat kalian sangat penting untuk menunjang keberhasilan.
  • Willpower (Tekad). Disini kita akan berbicara mengenai keinginan atau kemauan untuk merealisasikan mantra tersebut. Semakin sering berlatih maka akan semakin mudah pula dalam melakukannya.

Empat komponen tadi saling berhubungan, jika satu tidak tercapai maka tiga lainnya akan sia-sia dan mantra kalian gagal. Jadi, berusahalah selalu untuk bisa menyeimbangkan keempatnya. Penting untuk selalu menjaga kesehatan karena kondisi fisik dan mental yang stabil akan sangat mempengaruhi keempat komponen tadi.

Box Blasting Charm

Box Blasting Charm atau Cistem Aperio adalah sebuah mantra yang digunakan untuk membuka bagasi, peti, kotak, atau wadah lainnya dengan efek dramatis yaitu meledak.

  • Inkantasi: SEES-tem a-PAIR-ee-oh
  • Warna Cahaya: Putih
  • Efek: Membuka peti dengan meledakkannya
  • Pergerakan Tangan:

Selama tahun ajaran 1987–1988 di Sekolah Sihir Hogwarts, Profesor Filius Flitwick mengajari siswa tahun keempatnya cara menggunakan mantra khusus ini di kelas Mantra. Selama tahun ajaran 1991–1992, siswa tahun pertama Hogwarts mempelajari mantra ini.

.

Tanya Jawab

  • Sebelum masuk lebih jauh ke dalam mata pelajaran ini, menurut kalian, apa itu Charm?
    • Charm adalah cabang ilmu yang mempelajari mengenai mantera sihir yang diberikan pada objek tertentu untuk memberikan perintah tertentu. (2038)
    • Charm adalah subject yang mempelajari mantra, pelafalan, dan cara menggerakan tongkat untuk membantu kehidupan penyihir sehari-hari. (2021)
    • Charm adalah ilmu yang mempelajari mantra sihir. (2038)
  • Dari mantra tadi, menurut kalian, kenapa Cistem Aperio termasuk dalam Charm? Sifat apa dan objek apa yang diubah atau ditambahkan?
    • Cistem Aperio mengubah kotak yang terkunci menjadi terbuka. Tanpa merubah bentuk si kotak itu sendiri, walau terbuka ia tetap kotak. (2056)
    • Menurut saya, termasuk charm karena memiliki sifat hanya mengubah luarannya saja, tidak sampai berubah wujud atau mengubah molekul dalam benda. Obyek ini tidak berubah, tapi hanya menjadi terbuka diiringi ledakan yang tadinya kotak tertutup. (5022)
    • Termasuk charm karena mengubah bentuk objek dari luar. (4047)
  • Selamat malam, Prof. Untuk beberapa kasus, apakah ada mantra yang bisa tergolong menjadi Charm dan Transfigurasi? Jika ada, apakah boleh diberikan penjelasan lebih lanjut? Terima kasih. (2038)
    • Sejauh materi yang pernah saya pelajari, tidak ada mantra yang sekaligus tergolong dalam Charm dan Transfigurasi. Sebab, secara fungsinya saja kedua jenis mantra tersebut sudah jelas berbeda: Charm hanya mengubah sifat, sementara Transfigurasi mengubah bentuk benda sampai ke struktur dan molekulnya. Namun, ada salah salah satu mantra yang seringkali membuat rancu saat dipelajari, yaitu Fire-Making Spell: Incendio. Mengapa demikian? (1) Secara klasifikasi, Fire-Making Spell atau Incendio tergolong dalam jenis Charm. Namun, efek dari mantra tersebut adalah menciptakan (meng-conjure) api dari sihir. (2) Di sisi lain, Conjure itu sendiri merupakan salah satu bagian dari Transfigurasi. Sehingga menurut saya, mantra ini bisa ditelaah/dipelajari dari sisi Charm maupun Transfigurasi. Lebih jelasnya, tidak bisa saya uraikan di sini karena nanti QnA-nya malah jadi berisi satu materi baru, hehe. Tunggu saja nanti ketika memang sudah waktunya dipelajari di kelas, ya!
  • Jika Cistem Aperio adalah mantra untuk membuka bagasi, peti, kotak, atau wadah lainnya, apakah ada mantra untuk menutup/mengunci benda seperti kotak, Profs? (2048)
    • Sayangnya, saya belum pernah menemukan ada mantra yang memiliki fungsi untuk menutup/mengunci benda yang spesifiknya berbentuk kotak. Hanya ada Locking Spell: Colloportus yang umumnya digunakan untuk mengunci pintu.
  • Profesor tadi dijelaskan bahwa Box Blasting Charm, bisa menghancurkan kotak, peti, atau wadah lain. Untuk skala penghancurannya itu besar atau kecil? Apakah bisa menghancurkan pintu besi penjara? (5025)
    • Bukan menghancurkan, tetapi meledakkan, ya. Skala ledakannya pun kecil, hanya berefek sampai membuat kotaknya terbuka. Tidak bisa digunakan untuk menghancurkan pintu besi penjara juga, karena mantra ini hanya bisa digunakan khusus benda berbentuk bagasi, peti, kotak, atau wadah sejenisnya saja.
  • Box Blasting Charm digunakan untuk membuka sebuah kotak, peti, atau wadah lain sejenisnya, sepertinya yang sudah dijelaskan di kelas tadi. Namun, apa jika pelafalan dilakukan dengan salah dan sembarangan, apa ada efek lain, Profesor? Selain, gagalnya kotak untuk dibuka. (6032)
    • Bentuk kegagalan sihir itu bisa bermacam-macam, tidak hanya kekeliruan fungsi saja. Jadi, jika ditanyakan efek gagal lainnya ada apa saja, ya, bisa bermacam-macam. Tergantung bagaimana buruknya mantra itu dirapalkan. Bisa saja objek/target kotak jadi terlempar ke sembarang arah, atau meledak dan hancur, atau tercerai-berai isinya, dan lain sebagainya. Usahakan selalu berhati-hati dalam menggunakan mantra.
  • Halo, Professor. Saya ada satu pertanyaan, apakah mantra Box Blasting Charm benar-benar hanya bisa dibuka untuk kotak saja? Apakah ada kasus mantra ini digunakan untuk membuka objek lain, seperti pintu atau jendela? Terima kasih, Professor. (4047)
    • Ya, hanya untuk benda berbentuk bagasi, peti, kotak, atau wadah sejenisnya saja, ya. Jika untuk objek lain seperti pintu atau jendela, ada mantra lain lagi. Contohnya: Alohomora, Open Sesame, dan lain-lain.

 

 Colour Change Charm 

Colour Change Charm, atau yang biasa kita kenal sebagai Colovaria adalah sebuah mantra jenis Charm yang memiliki efek mengubah warna objek atau target. Bukan hanya rambut saja.Image

COLOR CHANGE CHARM (COLOVARIA)

Color change charm atau yang biasa dikenal sebagai colovaria adalah sebuah mantra jenis charm yang memiliki efek mengubah warna objek atau target. Mantra ini bisa digunakan pada berbagai benda hidup maupun mati.

  • Inkantasi: co-loh-VA-ree-ah
  • Warna cahaya: –
  • Efek: Mengubah warna target.
  • Pergerakan tangan: cb53847dbcac32b0edb95f16f001c86b.png

Inkantasinya berasal dari bahasa Inggris, Colour. Dan bahasa Latin Variāre yang artinya bervariasi. Tiba-tiba ia mengarahkan tongkatnya pada bangku yang sedang diduduki, lantas merapal, “co-loh-VA-ree-ah!” Mendadak, bangku tersebut berubah warna menjadi pink.

img_4243.jpeg

Mantra ini bisa digunakan pada berbagai benda hidup atau mati. Pelafalannya mudah, co-loh-VA-ree-ah. Hanya ada penekanan pada suku kata ‘VA.

Akan tetapi, perlu diperhatikan juga bahwa ketika kita sedang merapalkan Colovaria, konsentrasi terhadap perubahan warna yang kita inginkan haruslah kuat. Mantra tidak bisa dikatakan berhasil jika warna target tidak berubah sesuai dengan yang kita inginkan. Selain perubahan warna yang berbeda dengan keinginan, biasanya kegagalan ditandai dengan warna yang berubah menjadi coklat kusam. Pernah main plastisin warna-warni? Pernah menyatukan semua warnanya, lalu berubah jadi coklat? Nah, seperti itu.

Karena hanya mantra ringan, tentu saja warna pada benda tidak akan berubah secara permanen. Paling-paling hanya bertahan dua sampai tiga hari. Dulu, Profesor Dumbledore diduga menggunakan mantra ini untuk mengubah warna banner di Great Hall setelah pengumuman House Points.

Image

Selain pelafalan dan gerakan tongkat, yang perlu diperhatikan ketika merapalkan mantra ini adalah konsentrasi terhadap perubahan warna yang diinginkan. Jika konsentrasi terhadap perubahan warna yang diinginkan lemah, maka ada kemungkinan target akan berubah menjadi warna lain. Seringnya, menjadi warna merah coklat kusam. Dengan kata lain, mantra baru 100% berhasil ketika caster berhasil mengubah warna target sesuai keinginannya.

.

Materi Tambahan

Colour Change Charm atau yang biasa dikenal sebagai Colovaria adalah sebuah mantra jenis Charm yang memiliki efek mengubah warna objek atau target. Mantra ini bisa digunakan pada berbagai benda hidup maupun mati.

  • Inkantasi: co-loh-VA-ree-ah
  • Warna Cahaya: –
  • Efek: Mengubah warna target.
  • Pergerakan Tangan:

Selain pelafalan dan gerakan tongkat, yang perlu diperhatikan ketika merapalkan mantra ini adalah konsentrasi terhadap perubahan warna yang diinginkan haruslah kuat. Jika konsentrasi terhadap warna yang diinginkan lemah, maka ada kemungkinan target akan berubah menjadi warna lain. Seringnya, menjadi warna coklat kusam. Dengan kata lain, mantra baru 100% berhasil ketika caster berhasil mengubah warna target sesuai keinginannya.

Karena hanya mantra ringan, perubahan warna pada benda tidak akan berubah secara permanen. Paling-paling hanya bertahan dua sampai tiga hari tergantung kuatnya konsentrasi dan keinginan berubah dari dalam diri perapal saat merapalkan mantranya.

.

Tanya Jawab

  • Ada yang pernah dengar tentang Colour Change Charm?
    • Mantra yang dapat merubah warna target. (5022, 5023, 6032)
    • The Colour Change Charm (Colovaria), also known as the Colour-Changing Charm, was a charm that changed the colour of the target. (6016)
    • Mantra yang mengubah warna dari target yang diinginkan. Pelafalannya adalah Colovaria (co-loh-VA-ree-ah). (2056)
  • Dulu, Profesor Dumbledore diduga menggunakan mantra ini untuk mengubah warna banner di Great Hall setelah pengumuman House Points. Tapi, menurut kalian, apakah mungkin mengingat warnanya hanya akan bertahan tiga hari?
    • Tidak mungkin. Tapi, bisa saja pakai Switching Spell. (5022, 5023, 5025, 6032, 6016)
  • Mantra ini (Colovaria) apakah termasuk ke dalam Transfigurasi, Profesor? (2009)
    • Tidak. Penjelasannya sudah dijelaskan dalam Basic Charm, yaitu karena warna merupakan salah satu sifat yang melekat pada objek. Sehingga perubahan warna tergolong dalam perubahan sifat, Charm.
  • Selamat, Profs. Izin bertanya apakah ada batasan dalam penggunaan mantra color change charm? Selain itu, apabila penyihir yang memiliki penyakit bawaan buta warna menggunakan mantra ini apakah akan memiliki efek berbeda dengan penyihir yang penglihatan normal? (5023)
    • Sejauh ini rasanya tidak ada batasan khusus dalam penggunaan mantranya, ya. Bisa digunakan berkali-kali tanpa efek negatif tertentu.
    • Mengenai penglihatan pada penyihir yang buta warna, yang berbeda pastinya secara penglihatannya. Manusia yang buta warna memiliki sistem penglihatan yang berbeda dengan yang tidak buta warna. Misal, warna merah yang dilihat oleh mata normal belum tentu berwarna merah di mata orang yang buta warna. Sehingga perubahan warnanya pun bergantung pada warna apa yang dilihat oleh si orang buta warna tersebut.
  • Ijin tanya profs, Colour Change Charm tadi dijelaskan bisa merubah benda hidup atau mati. Apabila dicobakan pada makanan & minuman apakah bisa dan apakah ada perubahan pada rasa? (5025)
    • Bisa. Tapi tentu saja tidak akan mengubah rasa, karena mantranya, ‘kan, hanya berfungsi mengubah warna saja.
  • Dijelaskan di kelas bahwa mantra ini bisa digunakan pada benda hidup atau mati, benda hidup yang dimaksud apa bisa selain ke rambut, yaitu, kulit? Lalu, jika tidak sengaja terkena kulit, apa ada mantra untuk langsung menghilangkan warnanya, Profesor? Karena akan malu juga kalau melewati koridor dengan keadaan kulit berwarna pink. 😔 (6032)
    • Lucu banget. Iya, termasuk kulit. Bisa pakai mantra Finite, ya.
  • Selamat malam, Professor. Saya ingin bertanya, apakah mantra ini juga bisa digunakan untuk makhluk hidup lain, seperti hewan dan tumbuhan? Kalau bisa, saya jadi ingin mencobanya, hehe. Terima kasih, Professor. (4047)
    • Bisa. Tapi, secara spesifik, ya. Misal ingin mengubah warna kulitnya atau bulunya. Silakan dicoba.
  • Selamat malam, Profesor Grape. Saya hendak bertanya, apakah Color Change Charm bisa menghasilkan lebih dari satu warna? Misal, saya mau ubah warna rambut saya jadi rainbow. Apakah bisa? Terima kasih banyak, Profesor. (5022)
    • Poin utama yang perlu diingat terlebih dahulu adalah: dalam merapalkan mantranya, kita memerlukan konsentrasi yang kuat terhadap perubahan warna yang kita inginkan. Sementara jika ingin lebih dari satu warna, otomatis konsentrasi kita terhadap warna tertentu akan terdistrak. Sehingga, jawabannya mungkin bisa. Namun, konsentrasi terhadap masing-masing warna yang diinginkan harus kuat. Pun, tingkat keberhasilannya mungkin akan lebih sulit apabila dibandingkan dengan mengubah hanya satu warna saja. Berbagai macam efek juga bisa terjadi, entah gagal mengubah warna, atau warnanya tercampur menjadi coklat kusam, atau malah benda/objek akan berubah-ubah warnanya dalam jangka waktu tertentu seperti lampu disko (kalau tidak salah pernah terjadi pada rambut milik Tonks, namun dengan unsur kesengajaan). Saya pribadi belum pernah mencobanya, silakan kamu coba jika ingin mengetahui hasilnya sendiri.
  • Apakah objek yang terkena mantra Colovaria bisa langsung berubah ke warna asal tanpa menunggu efeknya hilang (beberapa hari)? (2002)
    • Bisa, jika mantranya di-counter dengan Finite. Tapi jika alami, maka harus menunggu sampai efek mantranya hilang.
  • Selamat malam profs. Saya ingin bertanya mengenai materi pada minggu lalu. Apakah ada mantra khusus untuk mengubah warna pada target untuk rentang waktu yang lama bahkan permanen? terimakasih. (6003)
  • Selamat malam, Professor. Saya tiba-tiba ada satu pertanyaan terlintas dalam pikiran. Kalau efek Color Changing Charm itu tidak permanen, adalah cara untuk membuat efek itu menjadi permanen? Terima kasih, Professor. (4047)
    • Tidak ada dan tidak bisa, ya.

.

 Praktik Colovaria  

Setelah sedikit memaksa untuk mencontek catatan adik tingkatnya tersebut, Serenade menarik napas dan mengarahkan tongkat ke objek di hadapan.

“co-loh-va-ree-ah!”

“…”

“hm, kok diem?” sepertinya tidak ada perubahan apapun pada objek yang dirapalkan.

20231016_200624.jpg

 

Sekali lagi, Serenade mencoba lebih berkonsentrasi dan membulatkan tekadnya untuk berhasil dalam mengganti warna baju tersebut.

“Co-LOH … CO—loh… loh, apa tadi? bentar,”

“ah, ulang, ulang.” netranya sedikit melirik ke arah catatan sebelum mengulang kembali.

Serenade menarik napas, memikirkan gradiasi merah muda dan biru yang cantik untuk menghiasi kekosongan kaos tersebut. “co-loh-VA-ree-ah!” dan kembali menggerakkan tongkatnya dengan serius. namun, hasilnya masih nihil, baju yang ada dihadapannya masih sama dan tidak ada perubahan.

hampir frustasi … Serenade kembali menarik napas, kali ini dengan sungguh-sungguh, ia menekankan pada C dan Va sembari berkonsentrasi tinggi, sang kenya kembali merapal mantra dan menggerakkan tongkat penuh tekad. “Co-loh-VA-ree-ah!”

perlahan warna putih tersebut luntur dan tergantikan kolaborasi dua warna yang cantik —biru muda, dan merah muda— membuat sang kenya merasa terharu karena berhasil melakukan praktik yang diminta.

“profesor, apa seperti iniii?” tanya sang kenya pada pengampu @ProfsGrape.

20231016_201232_0000.png

Praktik dilakukan oleh musicatlly – 5031

.

Tanya Jawab

  • Masih ingat mantra ubah warna yang kita pelajari minggu lalu, ‘kan?”.
    • Colovaria. (4047)

.

Advanced Grade

.

 Apparition  

Apparition, transportasi magis yang membuat penggunanya dapat berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain dalam sekejap. Kalian tidak bisa melakukan Apparition di lingkungan kastil, hanya sampai gerbang depan saja. Maka dari itu, lelah rasanya berjalan kaki dari gerbang hingga ke ruang kelas. Apparition dapat dilakukan dengan memusatkan fokus pada lokasi yang diinginkan dalam pikiran, kemudian dalam sekejap akan menghilang dari tempat semula dan muncul di lokasi yang diinginkan. Mirip seperti teleportasi. Tidak hanya manusia seperti kita yang bisa melakukan Apparition, Diricawl juga bisa.

Image

Apparition Merupakan salah satu bentuk transportasi magis dimana penggunanya dapat melakukan perjalanan dalam sekejap atau seketika dari satu lokasi ke lokasi lain tanpa melintasi ruang di antaranya.

Apparition sejauh ini merupakan cara tercepat untuk mencapai tujuan yang diinginkan, namun sulit untuk dilakukan dan jika gagal maka kemungkinan akan membawa petaka. Apparition tidak bisa dilakukan di lingkungan Kastil Hogwarts, jika kalian ingin melakukannya maka hanya bisa sampai pada gerbang terdepan kastil.

Jenis: Transportasi Magis

Inkantasi: Tidak ada

Gerakan tongkat: Arahkan pada tujuan

Cahaya: Tidak ada

Efek: Berpindah secara instan

Kemampuan Apparition atau Apparate ini adalah keterampilan yang tergolong canggih bagi para penyihir, namun tidak hanya sebatas penyihir saja yang dapat melakukannya, magical creatures juga mampu loh melakukannya seperti House Elf, Phoenix dan Diricawl.

Apparition adalah metode transportasi yang cukup populer di dunia sihir, tapi masih ada kok yang pakai sapu, Floo Network atau Portkeys. Dumbledore pernah bilang kalau kebanyakan orang akan muntah saat pertama kali menggunakan Apparition. Dan Potter bilang itu terasa seperti dipaksa melewati tabung karet yang sangat ketat.

Image

Ada tiga hal yang harus diingat saat melakukan Apparition menurut Pejabat Kementrian Sihir dan Instruktur Aparition- Wilkie Twyeross, yaitu tujuan, tekad dan pertimbangan. Seseorang harus merntiiki tekad yang penuh untuk mencapai tujuannya, bergerak tanpa tergesa-gesa namun dengan penuh pertimbangan.

Biasanya penyihir memerlukan tongkat magis untuk melakukan ber-Apparate namun ini juga bisa dilakukan secara wandless Seperti kebanyakan mantra lainnya.

Apparition dapat menimbulkan suara yang cukup bising, mulai dari letupan kecil hingga bunyi seperti retakan keras, tergantung pada tingkat keahlian sang pengguna. Apparition merupakan jenis sihir yang sulit untuk dilakukan, tentu diperlukan kemampuan yang mumpuni untuk melakukannya. Itulah alasan mengapa materi ini disampaikan di kelas lanjutan. Ini pengecualian untuk house elf, Mereka memiliki jenis sihir yang unik dan tidak memiliki batasan seperti yang dimiliki penyihir.

Ada 3 hal yang harus diingat saat melakukan Apparition menurut Pejabat Kementrian Sihir dan Instruktur Aparition- Wilkie Twycross, yaitu tujuan, tekad dan pertimbangan. Apparition merupakan jenis sihir yang sulit untuk dilakukan, tentu diperlukan kemampuan yang mumpuni untuk melakukannya. Itulah alasan mengapa materi ini disampaikan di kelas lanjutan.

Kementrian Sihir Inggris mewajibkan semua penyihir yang ingin ber-Apparate untuk memiliki lisensi, ini berguna untuk mengikat penggunanya dalam hukum agar tidak melakukan hal-hal yang merugikan.

.

Materi Tambahan

Apparition merupakan salah satu bentuk transportasi magis dimana penggunanya dapat melakukan perjalanan dalam sekejap atau seketika dari satu lokasi ke lokasi lain tanpa melintasi ruang di antaranya. Apparition sejauh ini merupakan cara tercepat untuk mencapai tujuan yang diinginkan, namun sulit untuk dilakukan dan jika gagal maka kemungkinan akan membawa petaka. Apparition tidak bisa dilakukan di lingkungan Kastil Hogwarts, jika ingin melakukannya maka hanya bisa sampai pada Gerbang terdepan kastil.

Jenis: Charm

Inkantasi: Tidak ada

Gerakan Tongkat: Arahkan pada tujuan

Cahaya: Tidak ada

Efek: Berpindah secara instan

Apparition dapat dilakukan dengan memusatkan fokus pada lokasi yang diinginkan dalam pikiran, kemudian dalam sekejap akan menghilang dari tempat semula dan muncul di lokasi yang diinginkan. Mirip seperti teleportasi.

Kemampuan Apparition atau Apparate ini adalah keterampilan yang tergolong canggih bagi para penyihir, namun tidak hanya sebatas penyihir saja yang dapat melakukannya, magical creatures juga mampu loh melakukannya seperti House Elf, Phoenix dan Diricawl.

Apparition adalah metode transportasi yang cukup populer di dunia sihir, namun meskipun begitu beberapa penyihir dewasa masih ada yang suka melakukan perjalanan lambat seperti menggunakan sapu, Floo Network atau Portkeys. Albus Dumbledore pernah mengatakan bahwa kebanyakan orang muntah saat pertama kali mereka melakukan Apparate, kata Harry Potter itu terasa seperti dipaksa melewati tabung karet yang sangat ketat.

Ada tiga hal yang harus diingat saat melakukan Apparition menurut Pejabat Kementrian Sihir dan Instruktur Aparition- Wilkie Twycross, yaitu tujuan, tekad dan pertimbangan. Seseorang harus memiliki tekad yang penuh untuk mencapai tujuannya, bergerak tanpa tergesa-gesa namun dengan penuh pertimbangan. Biasanya penyihir memerlukan tongkat magis untuk melakukan ber-Apparate namun ini juga bisa dilakukan secara wandless seperti kebanyakan mantra lainnya. Apparition dapat menimbulkan suara yang cukup bising, mulai dari letupan kecil hingga bunyi seperti retakan keras, tergantung pada tingkat keahlian sang pengguna.

Apparition merupakan jenis sihir yang sulit untuk dilakukan, tentu diperlukan kemampuan yang mumpuni untuk melakukannya. Itulah alasan mengapa materi ini disampaikan di kelas lanjutan. Dikatakan bahwa kita tidak bisa melakukan Apparition di Kastil, namun pengecualian untuk House Elf karena mereka memiliki jenis sihir yang unik dan tidak memiliki batasan seperti yang dimiliki penyihir. Mereka bisa melakukan Apparition di dalam maupun luar Hogwarts. Dan suara yang paling sering muncul ketika mereka melakukannya adalah suara yang keras seperti retakan.

Kata Apparition mirip dengan kata “dissapear” yang berarti menghilang dan “appear” yang berarti muncul, karena dari sudut pandang seseorang di tempat yang ditinggalkan si perapal menghilang sedangkan dari sudut pandang seseorang di tempat yang dituju si perapal muncul. Kementrian Sihir Inggris mewajibkan semua penyihir yang ingin ber- Apparate untuk memiliki lisensi, hal ini agar mereka tidak bisa melakukan Apparition ke bank Muggle untuk mencuri uang di dalamnya. Sederhananya untuk mengikat agar tidak melakukan hal-hal yang merugikan.

Apparition memiliki batas jangkauan, semakin jauh tempat tujuan maka akan semakin sulit untuk dilakukan. Apparition antarbenua atau antarpulau hanya boleh dilakukan oleh penyihir yang terampil, karena jika tidak akan beresiko terjatuh, cedera parah bahkan kematian. Apparition juga memerlukan ‘keakraban’ dengan tempat yang akan dituju, maksudnya adalah perapal harus sudah familiar dengan tempat tujuan karena perapal harus memvisualisasikannya dengan jelas di dalam pikiran. Dikatakan bahwa kemungkinan besar penyihir hanya bisa ber-Apparate ke suatu tempat yang pernah mereka lihat atau kunjungi sebelumnya.

Contohnya saat perburuan Horcrux oleh Harry, Ron dan Hermione pada akhir tahun 1997, mereka ber-Apparate ke tempat-tempat yang familiar bagi Hermione. Contoh lain adalah saat Dumbledore dan Potter ber- Apparate ke kediaman Horace Slughorn di Budleigh Babberton, tempat yang familiar bagi Dumbledore karena ia sering berkunjung namun tidak bagi Potter.

Melihat tempat melalui foto atau gambar lain tidak cukup untuk seseorang melakukan Apparition dengan aman, karena dulu Dumbledore pernah melihat gambar gua dimana kemungkinan Voldemort menyembunyikan Horcrux di kamar Tom Riddle saat di Panti Asuhan Wool, namun seperti yang dikatakannya pada Potter dia mencoba menemukan lokasi gua tersebut sejak lama agar bisa ber-Apparate kesana namun ia tidak bisa. Inilah mengapa untuk melakukan Apparition penyihir perlu mengetahui persis dimana tujuan yang mereka inginkan, tidak cukup hanya dengan melihatnya saja.

Namun pada tahun 1997, Hermione dan Harry pernah ber-Apparate ke Godric’s Hollow tanpa mengingat tempat tersebut. Harry pernah tinggal disana namun ia terlalu kecil untuk bisa mengingat dengan jelas tempat tersebut. Tapi mereka berhasil, oleh karena itu mungkin penyihir dapat ber-Apparate ke tempat-tempat yang tidak begitu familiar bagi mereka asalkan dapat dengan jelas memikirkan nama tempat tersebut dan mengetahui perkiraan lokasinya. Tidak sepenuhnya akurat memang karena mereka bisa saja berhasil ber-Apparate ke Godric’s Hollow namun tidak dapat memilih dimana persisnya mereka akan muncul.

Kemudian, Apparition memiliki versi lain yang digunakan untuk membawa dua orang lebih sekaligus yang disebut dengan Side-Along Apparition. Versi ini digunakan untuk orang dewasa yang membawa serta penyihir di bawah umur atau membawa orang lain ke tempat tujuan. Dalam kondisi ini, pihak yang tergolong dibawah umur atau yang tidak memiliki izin ber-Apparate dapat berpegangan tangan dengan perapal yang tentunya telah mampu dan memiliki izin untuk melakukannya.

Cara ini direkomendasikan Kementrian Sihir Inggris untuk orang tua yang memiliki anak dibawah umur jika ingin melarikan diri dari bahaya dengan cepat. Jika kedua pihak mampu melakukan Apparition, mereka tidak perlu berpelukan atau berpegangn tangan terlalu erat karena apparator hanya akan memandu si ‘penumpang’ ke tempat tujuan. Splinching merupakan kejadian dimana seorang penyihir gagal melakukan Apparition dan Disapparition, kejadian ini akan membuat sebagian pakaian yang dikenakan atau bahkan tubuhnya tertinggal di lokasi semula. Dampaknya bermacam-macam, mulai dari kerontokan rambut hingga hilangnya daging, otot, tulang dan dapat pula mengancam nyawa.

Splinching dapat terjadi ketika seseorang kurang memiliki tekad untuk mencapai tempat tujuan, sehingga menyebabkan bagian tubuh tertentu gagal mencapai tujuan bersama sang empunya. Susan Bones merupakan salah satu penyihir yang mengalaminya, ia terjatuh saat pelajaran Apparition pertamanya dan berakhir dengan meninggalkan sebelah kakinya di tempat semula ia berada sebelum melakukan Apparition. Meskipun kakinya berhasil disambungkan kembali, namun itu tetap membuatnya shock dan terguncang. Apparition memiliki sejenis counter bernama Anti-Dissaparition Jinx. Mantra ini dapat digunakan untuk mencegah penyihir ber-Apparate dari suatu lokasi.

Contoh tempat magis yang dimantrai Anti-Dissaparition Jinx adalah Markas Besar Kementrian Sihir Inggris, Markas Besar Kementerian Sihir Perancis, Gedung Woolworth (Markas besar MACUSA), Gua Kristal tempat dimana Tom Riddle menyembunyikan salah satu Horcrux, Kastil Nurmengard, Kastil Hogwarts, Azkaban dan gudang bawah tanah di Malfoy Manor. Mantra ini mencegah seseorang untuk melakukan Apparition ke tempat tersebut dan memaksa seseorang yang berada di tempat tersebut untuk keluar melalui Disapparition.

Ada kemungkinan bahwa Anti-Disapparition Jinx hanya bekerja pada manusia, karena House Elf dan Phoenix telah berhasil melewatinya. Maka dari itu, para House Elf bisa membawa manusia pergi bersama mereka terlepas apakah ada Anti-Disaparition Jinx di area tersebut atau tidak, seperti yang dilakukan Dobby selama pertempuran di Malfoy Manor.

.

Tanya Jawab

  • Cluenya adalah transportasi magis, coba siapa yang bisa tebak?
    • Apparition. (4058)
  • Tadi aku katakan bahwa kita tidak bisa melakukan Apparition di Kastil kan? Ini pengecualian untuk House Elf karena mereka bisa melakukan Apparition di dalam maupun luar Hogwarts. Kira-kira tau tidak alasannya kenapa?
    • “Karena jenis sihir yang dimiliki house-elf unik dan berbeda dengan penyihir biasa, jadi tidak ada batasan.” (6035)
  • Good evening, Professor. I want to ask, what is the worst effect if you fail in Apparition? Thank you. (4030)
    • Dampak terburuk yang terjadi jika Apparition gagal adalah tertinggalnya bagian tubuh di tempat semula dimana perapal melakukan Apparition, yang mana artinya bagian tubuh yang tertinggal ini akan terputus dari tubuh aslinya. Hal ini dinamakan Splinching. Selain itu gagalnya Apparition juga dapat mengancam nyawa si perapal, karena resiko yang besar inilah beberapa penyihir memilih untuk menggunakan sapu, portkey atau floo network sebagai transportasi. Semoga bisa dipahami.

.

 Portkey 

Portkey adalah sebuah benda yang telah dimantrai agar dapat difungsikan sebagai media untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

 

Image

Portkey merupakan benda ajaib yang diberi sentuhan magis untuk dapat membawa siapapun yang menyentuhnya ke suatu lokasi tertentu. Dalam banyak kasus, benda-benda yang digunakan untuk dijadikan portkey adalah benda yang familiar di kehidupan sehari- hari agar tidak menarik perhatian muggle.

Sensasi bepergian menggunakan portkey dianggap tidak nyaman karena dapat menyebabkan mual, pusing, atau bahkan lebih buruk lagi. Portkey tampaknya tidak memiliki batasan seberapa jauh ia dapat membawa penggunanya, karena Eulalie Hicks dan Jacob Kowalski pernah melakukan perjalanan dari New York City ke kereta tempat sisa pasukan pertama Dumbledore berada yang saat itu tengah dalam perjalanan Menuju Berlin atau London.

Hampir mirip seperti Apparition namun yang ini menggunakan benda sebagai medianya, bukan hanya- ‘tring’ berpindah tempat. Menurutku, Portkey merupakan cara teraman untuk bepergian secara magis. Mengapa begitu? Dikatakan bahwa ini adalah satu-satunya cara yang paling aman digunakan saat siang hari, dimana terbang dengan sapu, Thestral, mobil terbang apalagi Naga tidak memungkinkan karena bisa terlihat oleh Muggle. Juga jika tempat tujuanmu tidak memiliki perapian untuk menggunakan Floo Network. Jadi Portkey adalah jalan ninja.

Hampir semua benda mati dapat dijadikan Portkey, tinggal rapalkan mantra Portus pada benda maka sudah bisa digunakan untuk pergi ke tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Image

Mantra yang digunakan untuk mengubah suatu objek menjadi portkey adalah Portus.

Jenis: Charm

Inkantasi: Portus (POR-tus)

Gerakan tongkat: Arahkan ke objek

Warna: Biru terang

Karena sensasi yang dirasakan saat menggunakan portkey kurang nyaman, tabib merekomendasikan agar orang lanjut usia juga hamil untuk menghindari penggunaan Portkey. Menurut Remus Lupin, pembuatan Portkey yang tidak sah akan dikenakan semacam hukuman. Entah hukuman apa itu tidak dijelaskan secara pasti di literatur.

Portkey tampaknya tidak memiliki batasan seberapa jauh ia dapat membawa penggunanya. Karena Eulalie Hicks dan Jacob Kowalski pernah melakukan perjalanan dari New York City ke Berlin atau London. New York ke London atau New York ke Berlin itu sangat jauh. Tapi mereka berhasil melakukan perjalanan menggunakan Portkey.

Dari apa yang kalian sebutkan tadi, wujud portkey itu bermacam-macam, ya. Maka dari itu, tolong hati-hati dalam memilih benda yang akan dijadikan portkey, apalagi jika itu direncanakan untuk diletakkan di suatu tempat. Takutnya ada Muggle yang tidak sengaja menyentuhnya. Karena Portkey terkadang akan langsung terpicu oleh sentuhan seseorang.

.

Materi Tambahan

Portkey adalah sebuah benda yang telah dimantrai agar dapat difungsikan sebagai media untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Portkey merupakan benda ajaib yang diberi sentuhan magis untuk dapat membawa siapapun yang menyentuhnya ke suatu lokasi tertentu.

Dalam banyak kasus, benda-benda yang digunakan untuk dijadikan Portkey adalah benda yang familiar di kehidupan sehari-hari agar tidak menarik perhatia muggle. Sensasi bepergian menggunakan Portkey dianggap tidak nyaman karena dapat menyebabkan mual, pusing, atau bahkan lebih buruk lagi. Hampir mirip seperti Apparition namun yang ini menggunakan benda sebagai medianya, bukan hanya langsung berpindah tempat.

Portkey merupakan cara teraman untuk bepergian secara magis. Mengapa begitu? Dikatakan bahwa ini adalah satu-satunya cara yang paling aman digunakan saat siang hari, dimana terbang dengan sapu, Thestral, mobil terbang apalagi Naga tidak memungkinkan karena bisa terlihat oleh Muggle. Juga jika tempat tujuanmu tidak memiliki perapian untuk menggunakan Floo Network.

Jadi Portkey adalah jalan ninja. Hampir semua benda mati dapat dijadikan Portkey, tinggal rapalkan mantra Portus pada benda maka sudah bisa digunakan untuk pergi ke tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Mantra yang digunakan untuk mengubah suatu objek menjadi Portkey adalah Portus.

Jenis: Charm

Inkantasi: Portus (POR-tus)

Gerakan Tongkat: Arahkan ke objek

Warna : Biru terang

Karena sensasi yang dirasakan saat menggunaka Portkey kurang nyaman, tabib merekomendasikan agar orang lanjut usia juga hamil untuk menghindari penggunaan Portkey. Menurut Remus Lupin, pembuatan Portkey yang tidak sah akan dikenakan semacam hukuman. Entah hukuman apa itu tidak dijelaskan secara pasti di literatur.

Penggunaan mantra Portus sama halnya seperti mantra Riddikulus dimana sebagian mantra sebenarnya berasal dari apa yang kita pikirkan saat mengucapkannya. Ada beberapa hal penting yang harus dipikirkan saat menggunakan mantra Portus, tidak hanya tujuan yang kita inginkan namun juga harus memutuskan apakah Portkey tersebut nantinya dapat digunakan untuk pulang-pergi; dalam hal ini kamu harus mengingat tujuan pengembalian dalam pikiran.

Setelah dimantrai dengan Portus, objek sudah dapat digunakan untuk membawa siapapun yang memegangnya ke tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Portkey tampaknya tidak memiliki batasan seberapa jauh ia dapat membawa penggunanya. Karena Eulalie Hicks dan Jacob Kowalski pernah melakukan perjalanan dari New York City ke Berlin atau London. Hati-hati dalam memilih benda yang akan dijadikan portkey, apalagi jika itu direncanakan untuk diletakkan di suatu tempat. Takutnya ada Muggle yang tidak sengaja menyentuhnya. Karena Portkey terkadang akan langsung terpicu oleh sentuhan seseorang.

.

Tanya Jawab

  • Sebutkan 3 jenis transportasi magis?
    img_4244.jpeg

    • Apparation, portkey, dan floo network. (5004)
  • Sensasi apa yang muncul ketika pertama kali bepergian dengan transportasi magis khususnya Apparition dan Portkey?
    img_4245.jpeg

    • Pusing dan Mual. (2051)
  • Sebutkan siapa saja yang kalian ketahui tercatat sejarah pernah menggunakan portkey dan dalam wujud apa portkey tersebut?
    img_4246.jpeg

    • The Weasleys & Harry Potter dalam World Cup Quidditch. Dalam wujud sepatu boot jelek. (6024)
    • Eulalie Hicks and Jacob Kowalski in 1923 with book as their Portkey. (4030)
    • Newt Scamander dan Jacob Kowalski. Ember. (5004)
  • Professor saya izin bertanya, Apakah ketika membuat portkey sembari mengucapkan inkantasinya, kita memikirkan tujuan yang kita inginkan untuk menentukan tujuannya? Selain itu apa ada mantra untuk mengembalikan portkey menjadi benda biasa ketika sudah tidak digunakan? Terima Kasih. (6024)
    • Tentu, penggunaan mantra Portus sama halnya seperti mantra Riddikulus dimana sebagian mantra sebenarnya berasal dari apa yang kita pikirkan saat mengucapkannya. Ada beberapa hal penting yang harus dipikirkan saat menggunakan mantra Portus, tidak hanya tujuan yang kita inginkan namun juga kamu harus memutuskan apakah Portke tersebut nantinya dapat digunakan untuk pulang-pergi; dalam hal ini kamu juga harus mengingat tujuan pengembalian dalam pikiran. Kalau mantra untuk mengembalikan portkey menjadi benda biasa- mungkin sebutannya counter charm dari Portus Spell ya? Sependek yang saya tahu belum aja. Namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, bisa saja nanti ada yang menciptakannya. Semoga jawaban saya bisa dipahami.

.

 Floo Network 

Kalian ingat benda ini? Katanya benda di dalam kantong ini akan membantu kita pulang.

f8j_xhasaattj.jpg

f8kbubva8aata1b.jpg

FLOO NETWORK

Floo Network merupakan transportasi sihir dimana seorang penyihir pergi dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan bubuk Floo dan perapian. Metode transportasi sihir berupa Floo Network ini sudah ada sejak berabad-abad yang lalu.

Perapal hanya tinggal masuk ke dalam perapian lalu melempar bubuk Floo hingga api berwarna hijau zamrud muncul membakar diri, selagi itu sebutkan lokasi perapian yang ingin didatangi dengan lengkap dan jelas.

Floo Network Inggris diatur oleh Otoritas Jaringan Floo atau Floo Network Authority bagian Departemen Transportasi Sihir di Kemetrian Sihir. Floo Network Authority mengontrol perapian mana saja yang terhubung ke Floo Network.

Floo Network terhubung ke semua perapian sihir yang menggunakan Floo Powder sebagai alat transportasi. Rumah-rumah Muggle tidak terhubung ke Floo Network kecuali ada pengaturan khusus dan sementara, yang tidak mengharuskan Floo Network Authority untuk mengunjungi lokasi tersebut.

Jika Portkey adalah bentuk transportasi paling aman, maka aku bisa bilang Floo Network adalah bentuk transportasi paling mudah karena dapat dilakukan tanpa harus melakukan sihir khusus. Ini membuatnya disukai bagi penyihir yang terlalu muda untuk ber-Apparate.

Juga jika si penyihir tidak memiliki akses terhadap bentuk transportasi lain; seperti sapu atau Portkey. Floo Network juga dapat digunakan untuk membawa anak-anak di bawah umur, orang lanjut usia dan orang yang lemah, loh. Sangat berguna sekali. Hampir setiap rumah sihir memiliki perapian yang terhubung ke Floo Network. Sambungan dari jaringan ini dapat disambung-putuskan dengan menggunakan mantra sederhana- yang aku tidak tau mantra apa itu. Dan tindakan ini memerlukan persetujuan Kementrian Sihir.

f8kdsfoamaah3ni.jpg

Untuk mengakses jaringan, seseorang harus melemparkan segenggam Floo Powder ke dalam perapian, tenggelam dalam api hijau zamrud yang tidak panas lalu merapalkan tujuan yang diinginkan.

Selama perjalanan, pengguna akan melihat perapian lain melintas namun lokasi tersebut tidak dapat telihat jelas karena kecepatan yang terlalu tinggi. Floo Network juga dapat digunakan untuk berbicara dengan seseorang di lokasi lain hanya dengan memasukkan kepala mereka ke dalam api hijau zamrud, seperti yang dilakukan Sirius Black untuk berbicara dengan Harry Potter pada tahun keempat dan kelima Potter di Hogwarts.

Floo Network juga dapat digunakan untuk mengangkut benda mati. Misalnya pada tahun 1994, Molly Weasley menggunakan penjepit api untuk memasukkan sepotong roti panggang ke mulut Amos Diggory ketika dia sedang berbicara dengan Arthur Weasley melalui Floo Network setelah insiden di Piala Dunia Quidditch.

Ini supaya jaringan tidak terhubung ke perapian Muggle baik yang disengaja maupun tidak.

img_2966.jpeg


FLOO POWDER

Floo Powder adalah bubuk ajaib berkilauan yang digunakan oleh para penyihir untuk melakukan perjalanan melalui Floo Network, yang dapat menghubungkan perapian di hampir setiap rumah tangga dan bangunan di dunia sihir. Dengan menggunakan Floo Powder, para penyihir dapat memasuki perapian di tempat asal ke perapian di tempat tujuan.

Floo Powder juga dapat digunakan sebagai alat komunikasi, dimana kepala orang secara ajaib dapat dipindahkan sementara ke perapian lain untuk berbicara dengan orang di perapian tujuan. Saat dilemparkan ke dalam api yang menyala di perapian, Floo Powder mengubah api yang sebelumnya normal menjadi api hijau zamrud yang tidak panas dan tidak berbahaya. Floo Powder hanya bisa digunakan sekali; jadi jika terjadi kesalahan maka seseorang bisa berakhir di lokasi yang salah.

img_2967.jpegSelama perjalanan, perapal disarankan untuk menutup mata agar tidak kemasukan jelaga, menjaga siku tetap di sisi tubuh agar tidak terbentur selagi melewati perapian lain, dan menahan diri agar tidak gelisah serta panik hingga keluar di perapian yang salah. Perjalanan dengan Floo Powder jauh lebih cepat dibandingkan dengan sapu, namun tetap lebih lambat jika dibandingkan dengan Apparition. Tidak seperti Apparition, seseorang tidak memerlukan izin dan lisensi untuk menggunakan Floo Powder. Sejarah
Floo Powder ditemukan oleh Ignatia Wildsmith pada abad ke-13. Pembuatannya dikontrol dengan ketat. Salah satu produser berlisensi di Inggris adalah Floo-Pow, sebuah perusahaan yang berkantor pusat di Diagon Alley yang mana tidak pernah membuka pintu depan mereka. Tidak ada kekurangan yang pernah dilaporkan terkait Floo Powder, meskipun ditemukan oleh Wildsmith namun tidak ada yang tau siapa pembuatnya. Harganya tetap konstan selama 100 tahun yaitu dua Sickles per sendok.

img_2968.jpegMeskipun bahan utama Floo Powder adalah Floo, komposisinya tentu masih dirahasiakan. Mereka yang mencoba membuat sendiri kebanyakan tidak berhasil.

Setidaknya setahun sekali, St Mungo’s Hospital for Magical Maladies and Injuries melaporkan bahwa mereka menerima pasien yang menderita cidera ‘Faux Floo’ dimana seseorang melemparkan bubuk buatan sendiri ke dalam api dan mendapatkan akibat atas perbuatan tersebut.

Floo Network yang diketahui:

  • Hogsmeade = Three Broomsticks Inn.
  • Diagon Alley = Leaky Cauldron, Gambol and Japes Wizarding Joke Shop, Magical Menagerie.
  • Knockturn Alley = Borgin and Burkes.
  • Hogwarts = Gryffindor common room, Headmaster’s office, Defence Against the Dark Arts Professor’s office, Transfiguration Professor’s office, Head of Slytherin’s office, Hogwarts kitchen.
  • The Burrow = Kitchen.
  • Ministry of Magic = Atrium.

img_2969.jpeg

  • Floo Flames = Jaringan Floo yang lebih kecil yang memungkinkan transportasi ke seluruh Dataran Tinggi Skotlandia, serta seluruh Hogwarts, pada akhir abad ke-19.
  • Little Whinging = 4 Privet Drive (sementara).
  • London = 10 Downing Street.

Ini dia. Perapian ini yang akan membawa kita kembali ke kastil, sekalian untuk praktik menggunakan Floo Network.

img_2970.png

Kalian bisa ambil segenggam Floo Powder, lalu berdiri di dalam perapian. Kemudian tabur bubuk Floo sambil mengucapkan lokasi tujuan yaitu Hogwarts Kitchen.

img_2971.jpeg

Sebelum itu … agar tidak bingung, ini aku siapkan ilustrasi bagaimana cara kerja Floo Network saat berangkat. Api berwarna hijau zamrud akan muncul melingkupi diri sebelum kalian menghilang. Dan ini penampakan bagaimana kalian muncul di lokasi tujuan. Akan ada api hijau zamrud yang sama seperti sebelumnya. Nanti jangan lupa untuk menutup mata agar tidak kemasukan jelaga.

.

Materi Tambahan

Floo Network merupakan transportasi sihir dimana seorang penyihir pergi dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan bubuk Floo dan perapian. Metode transportasi sihir berupa Floo Network ini sudah ada sejak berabad-abad yang lalu. Perapal hanya tinggal masuk ke dalam perapian lalu melempar bubuk Floo hingga api berwarna hijau zamrud muncul membakar diri, selagi itu sebutkan lokasi perapian yang ingin didatangi dengan lengkap dan jelas. Floo Network Inggris diatur oleh Otoritas Jaringan Floo atau Floo Network Authority bagian Departemen Transportasi Sihir di Kemetrian Sihir.

Floo Network Authority mengontrol perapian mana saja yang terhubung ke Floo Network. Floo Network terhubung ke semua perapian sihir yang menggunakan Floo Powder sebagai alat transportasi. Rumah-rumah Muggle tidak terhubung ke Floo Network kecuali ada pengaturan khusus dan sementara, yang tidak mengharuskan Floo Network Authority untuk mengunjungi lokasi tersebut. Jika Portkey adalah bentuk transportasi paling aman, maka bisa dibilang Floo Network adalah bentuk transportasi paling mudah karena dapat dilakukan tanpa harus melakukan sihir khusus. Ini membuatnya disukai bagi penyihir yang terlalu muda untuk ber-Apparate. Juga jika si penyihir tidak memiliki akses terhadap bentuk transportasi lain; seperti sapu atau Portkey.

Floo Network juga dapat digunakan untuk membawa anak- anak di bawah umur, orang lanjut usia dan orang yang lemah. Hampir setiap rumah sihir memiliki perapian yang terhubung ke Floo Network. Sambungan dari jaringan ini dapat disambung-putuskan dengan menggunakan mantra sederhana. Dan tindakan ini memerlukan persetujuan Kementrian Sihir. Ini supaya jaringan tidak terhubung ke perapian Muggle baik yang disengaja maupun tidak. Untuk mengakses jaringan, seseorang harus melemparkan segenggam Floo Powder ke dalam perapian, tenggelam dalam api hijau zamrud yang tidak panas lalu merapalkan tujuan yang diinginkan. Selama perjalanan, pengguna akan melihat perapian lain melintas namun lokasi tersebut tidak dapat telihat jelas karena kecepatan yang terlalu tinggi.

Floo Network juga dapat digunakan untuk berbicara dengan seseorang di lokasi lain hanya dengan memasukkan kepala mereka ke dalam api hijau zamrud, seperti yang dilakukan Sirius Black untuk berbicara dengan Harry Potter pada tahun keempat dan kelima Potter di Hogwarts. Floo Network juga dapat digunakan untuk mengangkut benda mati. Misalnya pada tahun 1994, Molly Weasley menggunakan penjepit api untuk memasukkan sepotong roti panggang ke mulut Amos Diggory ketika dia sedang berbicara dengan Arthur Weasley melalui Floo Network setelah insiden di Piala Dunia Quidditch.

FLOO POWDER

Floo Powder adalah bubuk ajaib berkilauan yang digunakan oleh para penyihir untuk melakukan perjalanan melalui Floo Network, yang dapat menghubungkan perapian di hampir setiap rumah tangga dan bangunan di dunia sihir. Dengan menggunakan Floo Powder, para penyihir dapat memasuki perapian di tempat asal ke perapian di tempat tujuan. Floo Powder juga dapat digunakan sebagai alat komunikasi, dimana kepala orang secara ajaib dapat dipindahkan sementara ke perapian lain untuk berbicara dengan orang di perapian tujuan. Saat dilemparkan ke dalam api yang menyala di perapian, Floo Powder mengubah api yang sebelumnya normal menjadi api hijau zamrud yang tidak panas dan tidak berbahaya.

Floo Powder hanya bisa digunakan sekali; jadi jika terjadi kesalahan maka seseorang bisa berakhir di lokasi yang salah. Selama perjalanan, perapal disarankan untuk menutup mata agar tidak kemasukan jelaga, menjaga siku tetap di sisi tubuh agar tidak terbentur selagi melewati perapian lain, dan menahan diri agar tidak gelisah serta panik hingga keluar di perapian yang salah. Perjalanan dengan Floo Powder jauh lebih cepat dibandingkan dengan sapu, namun tetap lebih lambat jika dibandingkan dengan Apparition. Tidak seperti Apparition, seseorang tidak memerlukan izin dan lisensi untuk menggunakan Floo Powder.

SEJARAH FLOO POWDER

Floo Powder ditemukan oleh Ignatia Wildsmith pada abad ke-13. Pembuatannya dikontrol dengan ketat. Salah satu produser berlisensi di Inggris adalah Floo-Pow, sebuah perusahaan yang berkantor pusat di Diagon Alley yang mana tidak pernah membuka pintu depan mereka. Tidak ada kekurangan yang pernah dilaporkan terkait Floo Powder, meskipun ditemukan oleh Wildsmith namun tidak ada yang tau siapa pembuatnya. Harganya tetap konstan selama 100 tahun yaitu dua Sickles per sendok.

Meskipun bahan utama Floo Powder adalah Floo, komposisinya tentu masih dirahasiakan. Mereka yang mencoba membuat sendiri kebanyakan tidak berhasil. Setidaknya setahun sekali, St Mungo’s Hospital for Magical Maladies and Injuries melaporkan bahwa mereka menerima pasien yang menderita cidera ‘Faux Floo’ dimana seseorang melemparkan bubuk buatan sendiri ke dalam api dan mendapatkan akibat atas perbuatan tersebut.

Floo Network yang diketahui:

  • Hogsmeade = Three Broomsticks Inn.
  • Diagon Alley = Leaky Cauldron, Gambol and Japes Wizarding Joke Shop, Magical Menagerie.
  • Knockturn Alley = Borgin and Burkes.
  • Hogwarts = Gryffindor common room, Headmaster’s office, Defence Against the Dark Arts Professor’s office, Transfiguration Professor’s office, Head of Slytherin’s office, Hogwarts kitchen.
  • The Burrow = Kitchen.
  • Ministry of Magic = Atrium.
  • Floo Flames = Jaringan Floo yang lebih kecil yang memungkinkan transportasi ke seluruh Dataran Tinggi Skotlandia, serta seluruh Hogwarts, pada akhir abad ke-19.
  • Little Whinging = 4 Privet Drive (sementara).
  • London = 10 Downing Street.

.

Tanya Jawab

  • Ada yang bisa tebak kira-kira isinya apa?

    f8j_xhasaattj.jpg

      • Bubuk Floo. (5004, 4044, 5007, 4030, 6024)

    .

    .


    Updated: 28/10/23 – © Gryffindor House – Rangkuman akan diupdate 1 bulan sekali.

Leave a comment