System

Berikut adalah panduan tentang dunia duel di Asrama Hogwarts. Panduan ini dibuat agar para penghuni dapat mengerti dengan jelas tentang bagaimana sistem atau cara duel yang digunakan di akademi ini.


.

.

Asrama Hogwarts menggunakan sistem duel yang bernama Turn-based Strategy. Itu artinya, duel akan dilakukan secara bergantian-gantian. Kita melempar mantra secara bergantian dengan memperhatikan nyawa dan tenaga yang kita punya. Setiap mantra yang kita rapalkan memerlukan sekian tenaga dari tubuh kita. Mantra ini kemudian bisa mengakibatkan berkurangnya nyawa si lawan. Banyaknya pengurangan atau efek mantra itu sendiri tergantung dari jenis mantranya.


.

.

Istilah-Istilah Dalam Duel

HP: Health Point atau darah.
MP: Magic Point atau energi.

.

.

Ketentuan HP dan MP

  • Kelas 1: 45/35.
  • Kelas 2: 55/45.
  • Kelas 3: 65/55.
  • Kelas 4: 75/65.
  • Kelas 5: 85/75.
  • Kelas 6: 95/85.
  • Kelas 7: 105/95.
  • Alumni: 140/130.

.

.

Aturan Duel

  • Duelist yang berada di tingkat bawah tidak bisa memakai mantra yang berada di tingkat atas. Akan tetapi, duelist yang berada di tingkat atas bisa memakai mantra yang berada di tingkat bawah. 
    • Kelas 1 tidak boleh memakai mantra milik kelas 2, 3, 4, 5, 6, dan 7.
    • Kelas 2 boleh memakai mantra milik kelas 1.

.

  • Bila Anda merapal mantra (jalan) pada turn kedua atau urutan kedua, Anda berhak mendapat tambahan MP sebesar +2MP.
    • Jadi, bila seandainya Anda murid kelas 1, HP/MP Anda menjadi 45/37.
    • Tambahan MP ini hanya berlaku selama satu kali dalam satu kali duel. Jadi, tidak berlaku secara terus-menerus hingga duel selesai.

.

  • Pada turn ke 3, 6, 9, dst, Anda berhak mendapat tambahan MP sebesar +2MP.
    • Tambahan MP tidak bisa dijadikan satu ke turn lain, atau di skip ke turn lain selain turn 3, 6, 9, dst. Jadi, bila Anda lupa menambahkan +2MP di turn 3, Anda tidak bisa menambahkannya di turn 4. Anda harus menunggu hingga turn 6 bila ingin mendapatkan tambahan +2MP.
    • Penambahan bonus MP tidak boleh melebihi status awal.

.

  • Anda dilarang menghapus atau mengganti serangan. Serangan yang diluncurkan dianggap sudah menggunakan turn, sehingga tidak bisa diulang dan akan kembali dilanjutkan oleh serangan lawan.

.

  • Efek mantra, item, maupun aksi lainnya harus ditulis lengkap. Apabila terdapat typo atau kesalahan penulisan nama dan efek maka serangan Anda gagal, akibatnya mantra, item, maupun aksi tidak berefek, namun HP/MP dan turn yang digunakan tetap terpakai​.

.

  • Jarak waktu penyerangan tiap turn maksimal 3 menit. Apabila lawan melewati waktu tersebut, caster/PN diperbolehkan memberikan serangan turn selanjunya, maka lawan/YDS kehilangan turn tersebut.

.

  • Bila HP Anda 0, maka Anda dinyatakan pingsan alias kalah. Lain lagi bila MP Anda yang berada pada angka 0, maka Anda dinyatakan tidak bisa memberikan serangan. Untuk bisa memberikan serangan, Anda harus menunggu MP Anda terisi atau memilih jalan lain, yaitu dengan menyerang menggunakan Items atau Daemon.

.

  • Anda diharuskan menambahkan efek inti tongkat sihir alias Wand Core Booster apabila Anda memiliki sertifikat yang masa kedaluwarsanya masih berlaku.
    • Anda tidak bisa melepaskan efek inti tongkat sihir dengan alasan apapun. Jadi, meskipun lawan Anda tidak memiliki Wand Core Effect, Anda tetap harus menyerang lawan tersebut dengan Wand Core Effect yang Anda miliki sebab inti tongkat sihir tidak sama dengan Equipments/Items/Daemon yang bisa di lepas-pasang.
    • Wand Core Effect hanya akan aktif ketika Anda sedang merapalkan mantra. Jadi, jika kondisi Anda tidak sedang merapalkan mantra (misal sedang melakukan aksi, menggunakan item, bahkan terkena efek Ailments jenis Fear yang membuat Anda tidak bisa bergerak), maka Wand Core Effect Anda tidak akan aktif.
    • Bila sertifikat Wand Core Effect yang Anda miliki telah kedaluwarsa, maka Wand Core Effect tidak bisa Anda gunakan.

.

  • Anda dibebaskan ingin berduel PvP atau Tag Team menggunakan Equipments/Items/Daemon atau tanpa menggunakan Equipments/Items/Daemon. Akan tetapi, dalam penggunaannya diperlukan kesepakatan dua belah pihak yang hendak berduel. Bila sudah sepakat, lampirkan penghitungan penggunakan Equipments Anda sebelum duel dilangsungkan.
    • Silakan Anda baca artikel tentang Equipments di sini. Bila masih ada yang dibingungkan, tanyakan langsung pada toko yang bersangkutan.
    • Silakan Anda baca artikel tentang Items di sini. Bila masih ada yang dibingungkan, tanyakan langsung pada toko yang bersangkutan.
    • Silakan Anda baca artikel tentang Daemon di sini. Bila masih ada yang dibingungkan, tanyakan langsung pada toko yang bersangkutan.
    • Detil informasi lainnya bisa Anda dapatkan di sini.

.

  • Regenerasi HP/MP otomatis aktif setelah terjadinya pengurangan di status awal. Regenerasi tidak boleh melebihi status awal dan tidak bisa aktif jika Anda dalam kondisi sudah pingsan.

.

  • Penggunaan Item dalam duel atau eksplorasi akan memakan turn sebanyak 1.
    • Anda tidak bisa menggunakan Items sambil merapalkan mantra atau menggunakan aksi lainnya sekaligus (di turn yang sama).
    • Anda tidak bisa menggunakan Items bila HP Anda 0, karena Anda telah dinyatakan pingsan.

.

  • Healing Spell tidak boleh dirapalkan secara berturut-turut meskipun nama Spell-nya berbeda. Minimal harus ada jeda sebanyak 1 turn.
    • Bila Anda sudah menggunakan Reparifors di turn ke 3, Anda tidak bisa menggunakan Vulnera Sanentur di turn ke 4. Anda baru bisa menggunakan Healing Spell lagi di turn ke 5.

.

  • Ailments Spell jenis Charm dan Ailments Spell jenis Fear tidak boleh dirapalkan secara berturut-turut meskipun nama Spell-nya berbeda. Minimal harus ada jeda sebanyak 1 turn.
    • Bila Anda sudah menggunakan Confundo di turn ke 3, Anda tidak bisa menggunakan Colloshoo di turn ke 4.

.

  • Duelist tidak diperbolehkan menggunakan Ailments Spell yang dapat membuat korban kehilangan turn-nya sendiri sebanyak lebih dari 3 turn berturut-turut.

Contoh keliru:

Turn 3 A: Impedimenta (Fear 2x).
Turn 3 B: Fear 1. (1x)
Turn 4 A: Menyerang B dengan Bombarda.
Turn 4 B: Fear 2. (2x)
Turn 5 A: Stupefy (Fear 2x).
Turn 5 B: Fear 1. (3x)
Turn 6 A: Menyerang B dengan Glacius.
Turn 6 B: Fear 2. (4x)

Contoh benar:

Turn 3 A: Impedimenta (Fear 2x).
Turn 3 B: Fear 1. (1x)
Turn 4 A: Menyerang B dengan Bombarda.
Turn 4 B: Fear 2. (2x)
Turn 5 A: Colloshoo (Fear 1x).
Turn 5 B: Fear 1. (3x)
Turn 6 A: Menyerang B dengan Glacius.
Turn 6 B: Menyerang A dengan Bombarda.

.

  • Duelist tidak diperbolehkan memerintahkan korban yang terkena Ailments Spell jenis Charm untuk menggunakan Ailments Spell jenis Fear pada dirinya sendiri. Silakan gunakan Ailments Spell jenis lain bila memang ingin memerintahkan korban untuk menggunakan Ailments Spell.

.

  • Penggunaan masing-masing Ailments Spell dalam satu kali duel hanya bisa dirapalkan sebanyak 3 kali.
    • Bila Anda ingin menggunakan Confundo, maka penggunaannya dalam satu kali duel hanya bisa Anda rapalkan sebanyak 3 kali. Lebih dari itu dianggap tidak sah. Apabila kesempatan Anda menggunakan Confundo habis, maka Anda masih bisa menggunakan Ailments Spell jenis lain, asal bukan Confundo.

.

  • Ailments jenis Poison tidak bisa diakumulasikan, tidak bisa ditambah dengan efek serangan tambahan, dan tidak bisa dilindungi dengan Guard, Shield Spells, efek defense dari wand core, equipments, maupun items.
    • Bila Anda terkena Ailments Poison sebanyak 2 kali atau lebih, efek Poison yang ditimbulkan ke Anda hanya sebesar efek awal, bukan efek awal yang dikali dua atau lebih.
    • Bila Anda terkena Ailments Poison dengan efek yang berbeda pada turn yang sama, misal Poison -20% Max. HP dan Poison -10% Max. HP, maka efek yang aktif adalah efek terbesar yakni Poison -20% HP.
    • Bila Anda terkena Ailments Poison dan Non Ailments Bleed, maka hitung secara terpisah misal -15% Max. HP dari efek Bleed, lalu ditambah -10% Max. HP dari efek Poison.

.

  • Angka ditemukan hasil koma, maka dibulatkan ke atas dan bawah sesuai rumus pembulatan pada umumnya. ≥0.5 dibulatkan ke atas, <0.5 dibulatkan ke bawah.

.

  • Apabila duel belum selesai, namun duel hour telah selesai maka pemenang duel ditentukan dari duelist yang memiliki akumulasi status HP/MP akhir terbesar.

.

.

Simulasi Duel

Contoh duel ini dilakukan oleh murid kelas 1 tanpa menggunakan alat pendukung seperti Equipments atau Items.

  • Turn 1 A: 45/35 Lacarnum Inflamarae! 45/33 (-4HP).
  • Turn 1 B: 41 (karena sudah dikurangi dengan serangan A)/37 (karena turn 2 mendapat tambahan +2MP) Locomotor Mortis! 41/35 (-4HP).
  • Turn 2 A: 41/33 Diffindo! 41/28 (-7HP).
  • Turn 2 B: 34/35 Wingardium Leviosa! 31/33 (-6HP).
  • Turn 3 A: 35/30 (karena mendapat tambahan +2MP di turn 3) Baubillious! 35/25 (-11HP).
  • Turn 3 B: 20/35 (karena mendapat tambahan +2MP di turn 3) Diffindo! 20/30 (-7HP).
  • Turn 4 A: 28/25 Wingardium Leviosa! 25/23 (-6HP).
  • Turn 4 B: 14/30 Baubillious! 14/25 (-11HP).
  • Turn 5 A: 14/23 Diffindo! 14/18 (-7HP).
  • Turn 5 B: 7/25 Tarantallegra! 7/22 (-5HP).
  • Turn 6 A: 9/20 (karena mendapat tambahan +2MP di turn 6) Baubillious! 9/15 (-11HP).
  • Turn 6 B: 0/24 (karena mendapat tambahan +2MP di turn 6) Fainted!

.

.

Aturan bisa berubah atau bertambah bila memang diperlukan. Saran atau kritikan yang bersifat membangun akan sangat diterima dan dipertimbangkan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan, Anda bisa menghubungi pihak sekolah.

ᴬˡˡ ᴿᶦᵍʰᵗˢ ᴿᵉˢᵉʳᵛᵉᵈ ᴮʸ ᴬˢʳᵃᵐᵃ ᴴᵒᵍʷᵃʳᵗˢ