Sorting Ceremony

Berikut adalah panduan yang dibuat untuk memudahkan calon murid baru saat hendak mengikuti upacara penempatan asrama.


.

.

Tentang Acara

fee

Ruangan : Aula Besar
Lokasi : Kastil Hogwarts
Hari : Minggu
Peserta : Murid Baru
: Murid Kelas 1-7
: Karyawan
: Topi Seleksi

Sorting Ceremony adalah upacara khusus yang dibuat untuk menyambut para murid baru. Sebagai murid baru, Anda akan mendapatkan undangan dari panitia Sorting Ceremony. Tidak hanya undangan, Anda juga akan diberi selembar tiket kereta api Hogwarts Express yang akan membawa Anda ke Hogsmeade Station apabila Anda telah terdaftar sebagai salah satu calon murid baru di Asrama Hogwarts.

Acara Sorting Ceremony merupakan acara yang wajib dihadiri oleh Anda sebagai murid baru. Apabila Anda tidak hadir tanpa keterangan yang jelas, maka Anda tidak akan bisa mendapatkan asrama dan keperluan sekolah secara cuma-cuma. Apabila Anda memang berhalangan untuk menghadiri acara Sorting Ceremony, maka Anda diharuskan untuk menghubungi pihak panitia Sorting Ceremony.


.

.

Proses Acara

Sorting Ceremony di Asrama Hogwarts ini terdiri dari dua bagian, yaitu:

.

  • Sesi 1

Merupakan sesi pertama dari keseluruhan acara Sorting Ceremony. Pada sesi ini, para murid baru akan dibawa menuju Platform 9¾ yang terletak di area King’s Cross Station. Rombongan tersebut bertolak menuju kastil dengan menggunakan kereta milik pihak sekolah. Selama perjalanan, para murid diperbolehkan untuk beristirahat, bercengkrama dengan teman-temannya, atau bahkan membeli jajanan sihir yang dijajakan di dalam kereta.

.

  • Sesi 2

Saat kereta milik pihak sekolah tiba di area Hogsmeade Station, maka seluruh murid baru akan dipersilakan untuk turun. Pemandu yang ditugaskan untuk mengawasi sekaligus menuntun para murid baru adalah pihak organisasi Specialized Auror Squad. Para murid baru akan diantar menuju Aula Besar yang ada di dalam kastil. Namun, para murid baru harus lebih dulu berjalan kaki ke pinggiran Black Lake guna menyebrang dengan menggunakan sekoci ke pintu utama kastil. Saat para murid baru tiba di dalam area kastil, pemandu akan membukakan pintu Aula Besar. Anda bisa melihat seluruh keluarga besar dari Asrama Hogwarts yang sengaja datang untuk memberikan sambutan kepada para murid baru.

Acara terakhir dari prosesi Sorting Ceremony pun dimulai. Sang kepala sekolah, Abraham Greengrass, akan memberikan sambutan hangat kepada para murid baru. Setelah acara penyambutan dari sang kepala sekolah selesai, murid baru akan diberi lembaran perkamen lanjutan yang berisi panduan tentang Asrama Hogwarts. Selanjutnya, para murid baru pun akan disortir ke dalam asrama yang sesuai dengan kepribadian mereka masing-masing (hasil Sorting dibagikan dalam bentuk Google Spreadsheet). Ketika prosesi Sorting selesai dilakukan, seluruh keluarga besar Asrama Hogwarts akan diberi kesempatan untuk makan malam bersama di dalam Aula Besar. Beberapa menit setelah makan malam, para pengurus asrama yang terdiri dari ketua asrama dan wakil ketua asrama pun akan membimbing para murid baru menuju ruangan asrama masing-masing.


.\

.

Setelah Acara

Saat acara Soting Ceremony selesai dilakukan, Anda akan dibimbing menuju asrama masing-masing dengan pengurus asrama. Anda disarankan untuk mengikuti bimbingan tentang asrama yang Anda tempati agar Anda tidak ketinggalan informasi. Saat bimbingan tentang asrama dikeluarkan, biasanya Anda diarahkan untuk mulai mendaftarkan diri ke salah satu dari dua jurusan yang ada di Asrama Hogwarts.

Keesokan harinya, Anda pun sudah bisa berburu kebutuhan pendukung lainnya agar kebutuhan sekolah Anda terpenuhi. Apabila Anda kebingungan untuk berbelanja, Anda bisa meminta arahan dari masing-masing pengurus asrama.


.

.

ᴬˡˡ ᴿᶦᵍʰᵗˢ ᴿᵉˢᵉʳᵛᵉᵈ ᴮʸ ᴬˢʳᵃᵐᵃ ᴴᵒᵍʷᵃʳᵗˢ